was successfully added to your cart.
Artikel

Hadapi Perubahan dengan Inovasi dan Kolaborasi

By April 16, 2019 No Comments
Hadapi Perubahan dengan Inovasi dan Kolaborasi - Ary Ginanjar Agustian

Menghadapi perubahan tidak bisa dilakukan dengan santai. Karena persaingan di pasar itu ibarat rangkaian perlombaan yang tidak pernah berakhir. Iklim yang ada di dalamnya adalah iklim kompetisi. Iklim ini seharusnya mendorong kita untuk terus selalu melakukan inovasi dan bergerak maju. Karena itulah para pesaing di dalam bisnis ini kita sebut dengan competitor. Karena tanpa adanya kompetisi atau perlombaan, maka kita tidak akan pernah memenangkan apa-apa, dan tidak pula pulang ke rumah dengan membawa piala atau medali.

 

Padahal adanya piala atau medali-medali keberhasilan inilah yang akan mendatangkan pundi-pundi berikutnya untuk kelangsungan usia perusahaan ke depannya. Bagaimana dengan perusahaan Anda? Seberapa banyak medali yang diberikan konsumen dari rasa cinta mereka terhadap produk Anda, telah Anda terima dan sematkan dengan bangga di dada?

 

Para atlit yang serius menekuni cabang olahraganya, akan selalu berlatih hari demi hari, beberapa kali latihan per hari. Karena mereka menyadari usia mereka terus bergerak dan bertambah. Sementara dalam waktu setahun, terdapat rangkaian perlombaan yang hanya berjarak sekian minggu atau sekian bulan sebelum tiba lagi perlombaan lainnya di depan yang harus diperjuangkan.

 

Prestasi adalah suatu kata yang harus selalu dikejar dan dijaga dengan latihan. Mereka  yang suka berolahraga akan mengerti pentingnya ketahanan fisik. Kekuatan fisik tidak datang kecuali bila kita telah menempa diri kita dengan berbagai latihan demi latihan. Melatih diri juga dengan selalu melakukan adu tanding dengan kawan, agar siap dan waspada dalam menghadapi lawan yang tanpa ampun akan menghempaskan tubuh kita hingga terluka.

 

Analogi yang sama dapat kita terapkan dalam dunia bisnis. Kita harus berani beradu pendapat dengan kawan-kawan di ruang rapat. Merundingkan inovasi apa yang akan disepakati untuk dilakukan di masa depan. Lalu setelah itu menghasilkan satu kesepakatan yang akan dijalankan bersama dengan suara bulat dan penuh semangat. Karena telah mendapatkan dan mengetahui berbagai pertimbangan yang ada.

 

Ibarat atlit beladiri mengeluarkan satu jurus baru, untuk menghadapi pasar, kita pun harus mengeluarkan terobosan baru. Karena jurus yang lama sudah diketahui lawan, atau malah ditiru habis-habisan sehingga peluang kita menjadi terhalangi. Karena itu, jadilah seorang lawan yang fleksibel dan dinamis. Selalu berubah dan selalu lincah dalam mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru.

 

Kita bisa melihat bahwa sejumlah restoran yang memiliki menu yang tidak berubah, hanya akan membuat pelanggannya jemu. Sementara restoran yang selalu berinovasi mengalami full booked seats. Karena itu, inovasi harus dilakukan dengan cepat. Jangan takut mengeluarkan produk-produk baru, karena pasar yang sudah mengetahui kualitas kita, akan selalu menanti berbagai terobosan baru yang kita miliki. Yakinkan diri anda dengan selalu melakukan penjagaan standarisasi dan kualitas dengan ketat dan sistemik. Hanya dengan cara ini pelanggan akan selalu merasa terjamin untuk menggunakan produk dan layanan yang kita berikan.

 

Saat pasar sudah menjadi demikian jemu. Hal yang berikutnya yang dapat kita lakukan adalah melakukan kolaborasi. Kolaborasi tidak bisa dikesampingkan, adalah suatu cara untuk membuat produk kita sampai pada konsumen melalui saluran yang dimiliki oleh partner kita. Jangan merasa sayang kehilangan sedikit persentase keuntungan. Karena anda akan mendapatkan duplikasi keuntungan yang lebih besar dengan adanya sistem kolaborasi yang anda ciptakan bersama partner yang anda percayai.

 

Bahkan kolaborasi yang anda lakukan ini akan menjadi sebuah daya ungkit yang dimiliki oleh perusahaan Anda, untuk meningkatkan penjualan secara eksponensial. Dengan kolaborasi, perusahaan Anda pun menjadi lebih kuat dan bernilai lebih tinggi, karena memiliki dukungan dan sokongan dari berbagai partner  yang kini menjadi sahabat dan saudara dalam berbisnis.

 

Inovasi yang dilakukan dengan kelincahan, dan kolaborasi yang dilakukan dengan fleksibilitas, adalah sejumlah hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat mempertahankan posisi sebagai juara dalam pertarungan pasar. Kedua hal ini akan dapat dilakukan dengan menanamkan semangat baru pada diri perusahaan Anda dalam melakukan transformasi bisnis. Tentu untuk mengimbangi hal tersebut, haluan yang lebih luas perlu dicanangkan dan tujuan yang lebih menantang perlu ditetapkan. Selamat menyambut berbagai perubahan dengan penuh semangat!

 

Writer : Gina

Salam,

Ary Ginanjar Agustian

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari saya Ary Ginanjar melalui email Anda



Leave a Reply