Inspirasi

Sharing is Caring – Berbagi Adalah Salah Satu Bentuk Perhatian

By February 19, 2019 No Comments
Sharing is Caring - Berbagi Adalah Salah Satu Bentuk Perhatian - Ary Ginanjar Agustian

Sharing is Caring – Berbagi Adalah Salah Satu Bentuk Perhatian

 

Sahabat ESQ, apa yang bisa Anda tangkap dari kalimat di atas? Ya… Berbagi adalah salah satu bentuk perhatian. Sebagai makhluk sosial,manusia ditakdirkan untuk saling melengkapi satu sama lain. Saling membantu jika ada yang membutuhkan.

Banyak orang yang sudah tahu manfaat berbagi itu sangat baik karena membawa berkah dan bisa membuat jiwa menjadi tenteram dan damai. Namun, ada banyak juga orang yang belum tahu manfaat dari berbagi, sehingga ketika ada orang lain yang membutuhkan, akan menunjukkan sikap acuh tak acuh.

Berbagi itu hal sederhana yang sulit untuk dilakukan. Ya kan? Misalnya, disaat kita sedang punya uang lebih, kemudian ada rekan kita yang sedang membutuhkan meminjam uang kepada kita, namun kita tidak bisa meminjamkannya dengan alasan “saya buat makan susah” padahal disaat kondisi kita sedang berlebihan. Mengapa berbagi sulit dilakukan padahal membawa manfaat yang sangat banyak?

Michael Norton dari Harvard Bussiness School pada tahun 2008 melakukan penelitian bahwa memberikan uang kepada oranglain membuat orang yang mempunyai uang itu akan lebih bahagia ketimbang mempergunakan uangnya untuk keperluannya sendiri.

Selain itu, Stephanie Post dalam bukunya yang berjudul “Why Good Things Happen To Good People” menyebutkan bahwa dengan berbagi terhadap sesama akan  meningkatkan kesehatan orang yang sudah menderita penyakit kronis.

Sahabat ESQ, berbagi tak harus melulu dengan materi, dengan uang dengan sesuatu yang berbentuk nyata. Berbagi bisa dilakukan dengan memberikan motivasi. Saling berbagi motivasi. Ada kalanya dalam hidup kita mengalami dinamika yang naik turun. Ada yang hari ini bahagia, besok bersedih. Ada yang hari ini bersedih, esoknya tertawa bahagia. Ada orang di luar sana yang mungkin juga hidup tak seberuntung kita hari ini. Namun, Sahabt ESQ jangan pernah menutup mata untuk sebagian orang yang hidupnya selalu diterpa dengan beraneka masalah

Salah satu hal yang bisa kita bagian selain materi adalah MOTIVASI. Motivasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Untuk mampu hidup bersemangat, kita harus punya sesuatu hal yang bisa membangkitkan semangat. Hal yang bisa membangkitkan semangat adalah motivasi.

Ketika hidup kita dilanda masalah dan jiwa kita merasa sangat drop, kita pasti butuh orang lain untuk menyemangati kita. Betul kan? Ada saat-saat dimana kita butuh saran ataupun motivasi dari orang lain untuk membuat diri kita bangkit dari keterpurukan. Motivasi ibarat cahaya yang mencerahkan jiwa-jiwa yang sedang lemah. Dengan adanya motivasi, akan muncul sebuah keyakinan untuk bangkit dan melawan keterpurukan.

Coba bayangkan, jika rekan Anda terpuruk lalu Anda memberikannya semangat kemudian ia kembali bersemangat untuk menjalani hidup, bagaimana perasaan Anda? Senang kan melihat oranglain bersemangat karena kata-kata positif yang Anda sampaikan dicerna dengan baik sehingga membuat rekan Anda bangkit.

Sekali lagi, berbagi itu tidak melulu tentang harta, tentang materi, tentang barang. Kalimat motivasi yang keluar dari mulut Anda pun bisa berharga untuk orang lain. Kita akan merasa puas dan bahagia akan muncul ketika kita berhasil membangkitkan semangat rekan kita yang sedang down.

Berbagi motivasi itu indah kan?

Jadi, siapa orang yang akan Sahabat ESQ ajak untuk saling memotivasi diri?

Semoga apa yang saya sharing hari ini bisa bermanfaat dan mencerahkan Sahabat ESQ dimanapun berada.

Salam 165

Ary Ginanjar Agustian

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari saya Ary Ginanjar melalui email Anda



Leave a Reply