Inspirasi

7 Tips Menemukan “Inner Strength” Atau Kekuatan Terdalam Yang Ada Pada Diri

By February 25, 2019 No Comments
7 Tips Menemukan “Inner Strength” Atau Kekuatan Terdalam Yang Ada Pada Diri _ Ary Ginanjar Agustian

John Roger seorang Author dan Public Speaker asal Amerika pernah berkata bahwa “Kita harus membangunkan diri kita pada kekuatan dan keindahan yang hidup di dalam diri kita saat ini.” Seperti yang sudah kita sadari, bahwa saat ini kita hidup di masa-masa yang penuh akan tantangan dan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kita harus bisa menempatkan diri dengan baik dan mengambil kesempatan untuk mengevaluasi kembali kehidupan kita.

Coba sekarang saya Tanya, apakah pekerjaan yang Anda saat ini sudah cukup baik? Apakah hal yang menjadi prioritas dalam hidup Anda? Kapan terakhir kali Anda menghabiskan waktu dengan keluarga? Hidup seperti apakah yang Anda inginkan?

Apa kira-kira jawaban Anda atas pertanyaan saya di atas? Yang saya ingin simpulkan dari beberapa pertanyaan di atas adalah bahwa jawaban atas semua pertanyaan ini terletak pada bagaimana kita menemukan kekuatan terdalam yang ada dalam diri kita semua. Dengan mengetahui apa yang menjadi kekuatan kita, kita bisa memilah-milah hal-apa saja yang kita inginkan dalam hidup.

Sahabat ESQ sungguh sangat beruntung jika Anda tahu, bahwa Anda benar-benar dapat melakukan sesuatu untuk membuat diri Anda lebih kuat. Karena bagian dari bertahan hidup adalah menerima dengan baik atas apa yang sudah Allah berikan kepada kita. Sangat penting untuk sadar bahwa kita bisa menerima dan merasa bahwa kita dapat mengubah diri kita sendiri. Ini adalah kekuatan super.

Yakinlah, bahwa Allah SWT sudah memberikan kekuatan luar biasa kepada manusia yang ada di muka bumi. Ingatkah salah satu ayat yang ada di Surat Al Baqarah yang menyatakan bahwab Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS Al Baqarah:286). Karena Allah yakin, setiap manusia yang diciptakannya mempunyai kekuatan luar biasa yang dapat membantu hidupnya untuk jauh lebih baik.

Ada saat kita melihat atau merasakan beban yang begitu berat, namun ayat di atas ayat menegaskans, bahwa itu semua PASTI sesuai dengan kemampuan kita. Allah berikan ujian sesuatu dengan kemampuan kiya, Ini berarti menunjukan bahwa kita sebenarnya memiliki kekuatan dahsyat dalam diri untuk menghadapi sebesar apa pun beban yang kita hadapi. Ini harus kita yakini, dan sebagai seorang yang beriman, pasti tidak akan pernah ragu sedikit pun apa yang dikatakan Al Quran.

Untuk mengawali itu semua, apa yang perlu Anda lakukan? Ya…Yang perlu Sahabat ESQ lakukan adalah YAKIN. Sahabat ESQ harus punya keyakinan dulu bahwa kita sebagai makhluk yang paling sempurna yang diciptakan Allah ini adalah makhluk yang mempunyai kekuatan. Jika tidak yakin, Anda tidak akan pernah bisa membangkitkan kekuatan tersebut. Jadi, Sahabat ESQ harus YAKIN bahwa Anda memiliki kekuatan yang besar, lebih besar dibandingkan dengan beban yang Anda hadapi.

Nah, adakah diantara Anda yang tidak tahu fungsi dari dongkrak? Ya..saya rasa sudah paham betul bagaimana fungsi dongkrak. Alat kecil yang mampu mengangkat mobil saat Anda akan mengganti ban mobil. Dongkrak memiliki kekuatan, tetapi Anda tidak akan bisa memanfaatkan kekuatan dongkrak jika Anda tidak bisa menggunakannya. Begitu juga kekuatan dalam diri Anda, tidak akan berguna jika Anda tidak bisa memanfaatkan atau menggunakannya.

Lalu, bagaimana Pak Ary untuk mem”FUNGSI”kan dongkrak yang kita punya agar bisa menjadi kekuatan untuk menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya?

Simak beberapa petunjuk di bawah ini yang akan membantu Sahabat ESQ untuk bisa menemukan “INNER STRENGHT” atau “KEKUATAN TERDALAM” yang ada pada diri Sahabat ESQ.

Luangkan Waktu Untuk Santai

Langkah pertama untuk menemukan INNER STRENGTH adalah dengan cara meluangkan waktu Anda sebentar untuk diri anda. Lupakan sejenak persoalan yang kerapkali membuat Anda pusing. Sahabat ESQ bisa menghabiskan waktu di alam, ataupun tempat-tempat yang Sahabat ESQ suka. Di alam Sahabat ESQ cukup diam tanpa melakukan apa-apa. Hanya duduk dan mengamati saat bernapas perlahan dan dalam. Kenali keindahan alam, dan nikmati setiap hembusan nafas Anda.

Berjanji Dengan Diri Sendiri

Sahabat ESQ, untuk membangkitkan KEKUATAN TERDALAM dari dalam diri, sahabat ESQ juga perlu berjanji pada diri sendiri untuk tetap konsisten dalam melakukan hal apapaun. Yakinkan diri Anda bahwa Anda adalah orang yang sangat berkomitmen dengan janji dan Anda adalah orang yang bisa dipercaya.

Belajar Untuk Berkata “TIDAK”

Terkadang kita mempunyai permasalahan untuk menolak sesuatu. Entah itu ajakan atau apapun. Belajarlah untuk menolak atu berkata tidak untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan Anda. Anda punya hak untuk menolak kalau itu semua tidak sesuai dengan diri Anda.

Menerima Diri Sendiri di Masa Sulit

Saat masa sulit, Anda mungkin tidak bisa melakukan hal-hal “sempurna” tapi inilah saat yang tepat untuk menemukan kekuatan Anda. Anda harus mengizinkan diri Anda untuk belajar. Anda harus bertanya pada diri sendiri apa yang bisa Anda pelajari dari situasi ini. Selalu ingat bahwa Anda melakukan yang terbaik yang memungkinkan bagi Anda. Begitu Anda mulai tahu lebih baik, Anda akan mulai melakukan yang lebih baik juga.

Saling memaafkan

Sebagai manusia, kita semua pasti membuat kesalahan, jadi jika Anda melakukan hal yang sama, maka selalu cobalah untuk mengasihi, baik hati dan lembut kepada diri sendiri. Hindari mengkritik dan menghukum diri sendiri karena Anda hanya akan menyebabkan Anda kehilangan kekuatan yang ada pada diri Anda. Menghibur dan mencintai diri sendiri seolah-olah Anda adalah seseorang yang spesial. Belajar untuk saling memaafkan pada diri sendiri.

Rayakan Pencapaian Anda

Merayakan “KEBERHASILAN” Anda adalah salah satu cara untuk membangkitkan kekuatan terdalam. Beri penghargaan sekecil apapun dari hal-hal yang sudah Anda lakukan. Dengan begitu, Anda sudah berhasil untuk membuat diri anda merasa berharga.

Bersyukur

Bersyukur…bersyukur…dan bersyukur untuk diri sendiri juga akan membantu Anda menemukan kekuatan terdalam atau INNER STRENGTH. Bahkan saat Anda merasa sedih, lihat saja sekeliling Anda dan ucapkan terimakasih untuk semua hal yang Anda miliki saat ini. Anda akan bisa melewati masalah sebesar apapun jika Anda memiliki sikap bersyukur dan itu akan membuka jalan Anda menuju kedamaian, sukacita dan ketenangan yang lebih besar.

P/s : Share atau mention keluarga atau rekan kerja Anda yang kira-kira akan Anda ajak untuk menemukan INNER STRENGTH bersama-sama

Salam 165

Ary Ginanjar Agustian

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan 30 Video Motivasi Gratis dari saya Ary Ginanjar melalui email Anda



Leave a Reply